Categories
Uncategorized

Browser Edge baru Microsoft, sepupu Chrome, siap diunduh

Microsoft menghabiskan tahun lalu memberikan perangkat lunak Edge-nya transplantasi otak browser, dan sekarang perusahaan yakin itu cukup pintar untuk membantu semua orang yang menggunakannya. Microsoft melepaskan label beta dari browser pada hari Rabu, dan sekarang Anda dapat mengunduhnya dari situs web Microsoft’s Edge.

Diperkenalkan pada tahun 2015, Edge adalah bagian dari upaya modernisasi yang menghapus kode Internet Explorer lama. Raksasa perangkat lunak tidak dapat membuat browser tetap kompatibel dengan situs web yang cukup, dan pelanggan mulai membuangnya.

Versi baru Edge menandai perubahan mendasar pada browser: pergeseran ke Chromium, yayasan open-source Google untuk browser Chrome. Menggunakan Chromium menyelesaikan masalah kompatibilitas itu. Versi baru browser memiliki logo yang berbeda – gelombang tabrakan melingkar berwarna biru, hijau dan aqua yang mengingatkan kita pada ikon IE biru “e”.

“Microsoft Edge baru sekarang tersedia untuk diunduh pada semua versi Windows dan MacOS yang didukung dalam lebih dari 90 bahasa,” Joe Belfiore, wakil presiden perusahaan Microsoft untuk Windows, mengatakan dalam sebuah posting blog. Microsoft belum memasukkan perangkat lunak ke PC Anda.

Beralih ke Chromium – keputusan yang sudah dibuat oleh pengembang Samsung, Brave, Vivaldi, Opera, dan lainnya – semakin menambah pengaruh pada visi Google untuk web. Sekutu-sekutu tersebut berkolaborasi dengan Google, tetapi Google masih memiliki pengaruh yang sangat besar dibandingkan dengan mesin browser yang tersisa, Mozilla’s Firefox dan Apple’s Safari. Beberapa meratapi hilangnya pengaruh independen Microsoft, tetapi kenyataan praktis adalah bahwa ia memegang kekuasaan minimal. Semakin banyak, ini adalah web Google, dan kami hanya hidup di dalamnya.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin tidak memperhatikan masalah kompatibilitas web karena Anda sudah menggunakan Chrome. Chrome mendominasi penggunaan browser, akuntansi untuk 64% dari aktivitas web, menurut StatCounter perusahaan analitik.

Jadi mengapa beralih ke Edge? Dua alasan, dalam pandangan Microsoft: produktivitas dan privasi.

Pijakan penjualan Microsoft Edge

Produktivitas diwakili oleh fitur-fitur seperti Koleksi, yang memungkinkan Anda mengumpulkan informasi dari banyak situs web saat Anda merencanakan perjalanan, meneliti makalah, atau menggali lebih dalam ke web. Edge juga cocok dengan teknologi masuk Microsoft yang digunakan dalam bisnis sehingga informasi masuk Edge Anda sama dengan email Anda.

Adapun privasi, Edge mengambil pendekatan yang mirip dengan Mozilla Firefox dengan mencoba untuk memblokir daftar situs yang diketahui melacak Anda secara online. Ini terkait dengan teknologi anti-pelacakan Apple yang sudah ada di Safari dan Brave juga. Google Chrome adalah yang paling lamban di sini, tetapi Google meningkatkan upaya privasi perambannya. Jadi perlindungan privasi Edge tidak mengangkatnya di atas kerumunan, setidaknya untuk saat ini.

Untuk saat ini, Microsoft membidik Edge sebagian besar pada pelanggan komersial, di mana manajer TI menyukai integrasinya dengan alat manajemen Microsoft dan kompatibilitasnya dengan alat situs web kuno yang memerlukan IE dan belum diperbarui untuk era penelusuran modern. Ini juga menunjukkan kemungkinan dokumen Office yang menarik pada halaman tab baru Anda dan diintegrasikan dengan pencarian Bing untuk memunculkan informasi lain dari perusahaan yang menggunakan rangkaian perangkat lunak Microsoft.

Tes tepi dengan konsumen umum

Tetapi dalam dua hingga tiga minggu ke depan, Microsoft akan mulai mengirimkan Edge baru ke Windows Insiders – orang yang telah mendaftar untuk menguji perangkat lunak Microsoft yang akan datang sebelum final – bersama dengan beberapa konsumen biasa melalui layanan Pembaruan Windows. Dorongan itu akan disertai dalam beberapa bulan mendatang dengan penjelasan tentang apa yang terjadi, karena banyak pelanggan tidak tahu Microsoft sedang membangun kembali Edge, dan mereka tidak akan mengenali ikon baru.

“Kami akan mulai memigrasikan pelanggan Windows 10 ke Microsoft Edge baru dalam beberapa minggu mendatang, dimulai dengan subset Windows Insiders dalam cincin Release Preview,” kata Kyle Pflug, manajer produk senior Edge, dalam posting blog Rabu. “Pengguna perusahaan dan pendidikan tidak akan ditingkatkan secara otomatis saat ini.”

Seiring waktu, Microsoft akan terus menyempurnakan fitur Edge, memberikannya cara baru untuk menonjol. Saat ini hanya ada beberapa, seperti kemampuan untuk menonton video 4K Netflix (hanya pada Windows 10) atau untuk memberi anotasi PDF dengan stylus. Pada MacBook Pro Apple yang canggih, Edge juga memanfaatkan Touch Bar dengan menunjukkan potongan favicon, ikon kecil yang digunakan situs web untuk mengidentifikasi diri mereka. Microsoft juga merencanakan fitur Touch Bar lainnya untuk Edge, seperti menampilkan jendela video mini.

Pada masa lalu di bawah Steve Ballmer, sistem operasi dan aplikasi Microsoft Windows berjalan seiring. IE dan Edge hanya berfungsi pada Windows, misalnya. Di bawah kepemimpinan CEO Satya Nadella, Microsoft telah merangkul realitas multiplatform dari dunia komputasi saat ini. Bersandar pada proyek Google Chromium membantu Microsoft menjangkau Windows, MacOS, Android dan iOS.

Ini juga berarti Edge akan berjalan pada Windows 7. Edge yang lama diperlukan Windows 10. Namun, Microsoft berhenti menawarkan dukungan teknis dan perbaikan keamanan Windows 7 minggu ini, kecuali untuk beberapa pelanggan bisnis dengan kontrak khusus. Jutaan orang masih menggunakan Windows 7, tetapi jumlahnya menurun.

Cukup dewasa

Sebelum menyimpulkan Edge siap untuk prime time, Microsoft harus meyakinkan dirinya sendiri bahwa perangkat lunak itu stabil dan memiliki set minimum fitur yang diperlukan. Untuk itu diperlukan sistem rekayasa yang cukup cepat dalam menarik perangkat lunak Chromium untuk menanggapi masalah keamanan.

Tapi itu tidak sempurna. Microsoft telah menandai masalah yang dialami sebagian orang dengan antarmuka peramban menggunakan bahasa yang salah. Salah satu insinyur Edge, Eric Lawrence, menawarkan tip untuk mengatur bahasa yang benar, dan Pflug menunjuk ke yang lain.

Dan itu harus memiliki keyakinan alat pengembangnya dapat menangani kesulitan mengaduk pembaruan Edge setiap enam minggu – kecepatan di mana Google memperbarui Chrome.

Kecepatan itu jauh lebih cepat daripada perubahan dua kali setahun yang sebelumnya dikeluarkan Microsoft untuk perambannya bersama dengan pembaruan Windows. Tetapi siklus yang lebih cepat berarti fitur baru dapat muncul dengan cepat dan bahwa pelanggan mendapatkan aliran perubahan yang lebih kecil alih-alih yang lebih sering dan lebih mengganggu.

Jika Anda ingin merasakan perubahan itu, Anda dapat mencoba versi uji Microsoft Edge – Beta, Dev, dan Canary. Mereka tersedia di situs Microsoft Edge Insider.

Awalnya diterbitkan 15 Januari, 9 pagi

Pembaruan, 10:04 pagi, 10:40 pagi, dan 11 pagi .: Menambahkan detail tentang pengujian Microsoft Edge dengan konsumen, dukungan Windows 7, dukungan Mac Touch Bar, dan masalah bahasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *