Categories
Uncategorized

Pengertian Abstrak

Pengertian Abstrak – Dalam dunia penelitian, abstrak adalah bagian penting yang harus dimasukkan dalam laporan penelitian. Abstrak umumnya ditampilkan di awal laporan penelitian sebagai informasi umum dan singkat tentang isi seluruh laporan penelitian.

Bagi orang-orang yang sering terhubung dengan dunia penelitian, seperti berpendidikan akademisi atau profesional, istilah abstrak tentu bukan istilah baru atau asing di telinga mereka. Namun, bagi kebanyakan orang awam yang sama sekali tidak terkait dengan dunia penelitian, istilah abstrak tentu bukan istilah yang akrab.

Pengertian-Abstrak
Pengertian Abstrak

Definisi dan definisi abstrak

Secara umum, abstrak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak memiliki bentuk. Produk abstrak (dunia bisnis), misalnya, produk yang tidak memiliki bentuk, karena salah satunya adalah produk layanan.

Dalam dunia penelitian itu sendiri, pemahaman abstrak adalah surat pendek yang berisi gambaran lengkap tentang kegiatan / kegiatan penelitian yang dilakukan. Abstrak umumnya ditempatkan di awal artikel ilmiah atau melaporkan hasil penelitian sebagai informasi awalan untuk pembaca.

Abstrak umumnya ditulis dalam dua bahasa, Inggris (bahasa umum) dan bahasa ibu di mana laporan penelitian atau karya ilmiah ditulis. Penggunaan kedua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang dari negara di mana laporan penelitian dibuat dan oleh orang-orang dari negara di luar laporan penelitian.

Fungsi abstrak

Dalam dunia penelitian, abstrak memiliki fungsi dasar berikut:

Komponen utama dari laporan penelitian

Di setiap laporan pencarian, ringkasan berfungsi sebagai salah satu komponen yang harus ada di awal laporan pencarian. Tanpa keberadaan abstrak, hubungan penelitian menjadi tidak lengkap, yang membuat belajar lebih sulit.

Tinjauan umum dari isi laporan penelitian

Fungsi abstrak dalam pencarian kedua adalah deskripsi umum dari konten laporan pencarian. Sebagaimana dijelaskan di atas, ringkasan adalah artikel pendek, yang isinya adalah deskripsi umum dari isi laporan penelitian. Tanpa abstrak, menjadi lebih sulit untuk mempelajari laporan penelitian (untuk mempelajarinya, Anda harus terlebih dahulu melihat seluruh isi laporan penelitian).

Bahan untuk dipertimbangkan bagi pembaca

Fungsi abstrak ketiga harus dipertimbangkan untuk pembaca laporan penelitian. Sebelum membaca semua konten, pembaca laporan penelitian pertama dapat membaca daftar isi untuk mengetahui apakah konten atau diskusi dari laporan penelitian memenuhi persyaratan pembaca.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *